Antisipasi Tindak Pidana, Polresta Mataram Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

    Antisipasi Tindak Pidana, Polresta Mataram Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan
    Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama SE SIK MH., di ruang kerjanya, Kamis (21/03/2024)

    Mataram NTB - Maraknya aksi berbagai macam tindak pidana yang terjadi di wilayah hukum Polresta Mataram mendorong Polresta Mataram mengeluarkan himbauan untuk masyarakat guna mencegah peluang dan kesempatan kejahatan itu terjadi.

    Diketahui pada dasarnya tindak kejahatan itu didasari karena adanya niat dari pelaku serta adanya kesempatan atau peluang untuk melakukan tindak kejahatan tersebut.

    Himbauan ini disampaikan Polresta Mataram melalui Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama SE SIK MH., saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (21/03/2024).

    Menurutnya seluruh tindak pidana yang terjadi selama ini karena adanya niat dan kesempatan bagi pelaku yang melakukannya. Oleh karenanya masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap barang bawaannya terutama Sepeda motor agar diparkir di tempat yang aman dan dalam keadaan terkunci stang plus kunci ganda.

    Hal ini menurutnya dapat mengurangi kesempatan bagi para pelaku yang berniat melakukan tindak pida tersebut. Maka peristiwa tindak pidana tersebut dapat dihindari.

    Selain himbauan tindak pidana Curanmor, Kasat Reskrim Polresta Mataram juga menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap Penipuan online.

    Menurutnya, di era digitalisasi modus penipuan secara online marak terjadi , di samping mudah dilakukan karena hanya dengan memosting narasi tertentu atau gambar promo tertentu yang belum tentu benar maka  sasaran sudah bisa tercapai, dan biasanya, bagi yang membaca atau melihat postingan tersebut akan tertarik.

    “Jangan mudah percaya dengan tawaran yang menggiurkan sebelum ketahui betul dengan jelas apa yang  ditawarkan tersebut, ”ucapnya.

    Terakhir kasat Reskrim Polresta Mataram  mengimbau terkait aktivitas anak remaja yang saat ini banyak meresahkan orang lain seperti balap liar, penggunaan Knalpot Brong, serta aktivitas hingga larut malam.

    Aktivitas para remaja hingga larut malam berada di luar rumah tentu sangat mengkhawatirkan para orang tua. Kemudian maraknya narkotika yang menyasar anak-anak remaja tentu rentan mendapat pengaruh tersebut sehingga bila itu dibiarkan maka dapat terkontaminasi.

    “Untuk itu kepada para orang diimbau agar meningkatkan pengawasan terhadap seluruh anggota keluarga terutama yang masih anak-anak dan remaja, hindari berada di luar rumah hingga larut malam guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ”pungkasnya. (Adb)

    ntb
    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi

    Artikel Sebelumnya

    Kapolresta Mataram dan Ketua Cabang Bhayangkari...

    Artikel Berikutnya

    Cegah Faham Radikalisme Untuk Generasi Muda,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Sukseskan WWF di Bali, Pemuda Lombok Siap Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
    Pelaku Transportasi Pariwisata BIZAM Siap Dukung Suksesksn  WWF di Bali
    Dukung Kesuksesan WWF di Bali, Komunitas Pelaku Wisata Gili Matra Gelar Deklarasi

    Ikuti Kami